SKK Teknik Sipil – Khusus untuk Anda yang lulusan dari Teknik Sipil dan ingin memulai karier di dunia konstruksi penting untuk mengetahui cara mendapatkan SKK teknik sipil. Pasalnya SKK itu sangat penting agar bisa mudah mendapatkan pekerjaan.

SKK itu menunjukkan bahwa tenaga kerja di Indonesia memiliki kesiapan bekerja dalam bidang konstruksi. Adanya SKK ini juga akan menjamin bahwa pekerjaan di bidang konstruksi bisa berkelanjutan, berkualitas dan aman.

Cara Mendapatkan SKK Teknik Sipil
Cara Mendapatkan SKK Teknik Sipil

Baca juga : SBU Online

Cara Mendapatkan SKK

Mungkin Anda bertanya-tanya mengenai cara memiliki Sertifikat Teknik Sipil yang diterbitkan langsung oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi atau LPJK. Adapun langkah-langkah mendapatkan SKK adalah sebagai berikut:

  • Mulai untuk membuat surat permohonan atau pengajuan yang formatnya sesuai dengan ketentuan dari LPJK lewat asosiasi dengan memenuhi beberapa persyaratan
  • Melengkapi identitas pribadi
  • Melakukan pemindaian dokumen KTP pemohon
  • Melakukan pemindaian dokumen NPWP milik pemohon atau tenaga kerja kualifikasi teknisi atau jabatan ahli
  • Membawa swafoto milik pemohon ketika melakukan pendaftaran
  • Menambahkan alamat email yang masih aktif

Lalu setelah mendapatkan SKK LPJK dan ingin mengkonversinya menjadi sertifikat berbasis elektronik bisa melakukan cara-cara berikut ini:

  • Membawa dokumen pemindaian SKK yang ingin dijadikan menjadi sertifikat elektronik

Jika proses konversinya sudah selesai maka Anda bisa langsung mengklaimnya lewat alamat email yang sudah dilampirkan

Persyaratan Pembuatan SKK Teknik Sipil

Setelah mengetahui bagaimana cara mendapatkan SKK Teknik Sipil baru, penting juga untuk mengetahui apa saja syarat pembuatan SKK tersebut. Ada juga biaya yang harus Anda bayarkan ketika akan membuat SKK.

1. Biaya Pembuatan SKK

Tiap tingkatan SKK ada biaya yang harus Anda bayarkan yaitu untuk SKK muda biayanya adalah Rp2.800.000. Sedangkan untuk biaya pembuatan SKK Madya sendiri adalah Rp5.300.000 adapun untuk SKK Utama biayanya lebih mahal.

2. Syarat Pembuatan SKK

Selain biaya yang harus Anda bayarkan ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi yaitu membawa fotokopi atau scan ijazah serta dokumen penting lainnya seperti KTP, NPWP dan pas foto berukuran 3×4 serta ijazah pegang asli.

Tujuan dan Manfaat Memiliki SKK

Cara mendapatkan SKK Teknik Sipil cepat sudah dijelaSKKn di atas akan tetapi mungkin bagi Anda yang belum tahu bahwa SKK ini memiliki beberapa manfaat dan tujuan bagi pemiliknya. Beberapa keuntungan membuat sertifikat keahlian adalah sebagai berikut:

1. Proyek Bisa Berlangsung dengan Cepat

Manfaat pertama dari memiliki sertifikat SKK adalah proyek bisa berlangsung dengan cepat. Proyek bisa terhambat karena para tim tidak memiliki sertifikat pendukung keahlian. Maka Anda harus memastikan bahwa tim yang bergabung memang memiliki sertifikat keahlian.

Hal ini tidak lain agar proyek bisa berlangsung dengan cepat dan selesai tepat waktu. Apabila tim Anda belum mengurus hal tersebut bisa langsung memintanya untuk mengurusnya terlebih dahulu. Jika sudah memiliki sertifikat maka kemampuan tim tersebut tidak diragukan lagi.

2. Menjadi Acuan Konstruksi

Asosiasi Teknik Sipil meminta para lulusan teknik sipil untuk membuat SKK adalah agar mudah dalam mendapatkan proyek atau pekerjaan. Selain itu jika timnya sudah memiliki sertifikat keahlian maka proyek tersebut bisa menjadi acuan konstruksi di Indonesia.

Akan lebih mudah dalam mengerjakan sebuah proyek jika sudah memiliki acuan. SKK itu bisa menjadi tanda bahwa kualitas konstruksi di Indonesia sudah baik. Oleh karena itu pastikan bahwa tim yang mengerjakan proyek memang ahli di bidangnya.

Seorang tenaga ahli yang menangani sebuah proyek maka kemampuannya dapat terlihat dari sertifikat tersebut. Tidak hanya menunjukkan kompetensi dari seseorang di tingkat nasional melainkan juga internasional.

3. Bentuk Tanggung Jawab kepada Masyarakat

Sama seperti manfaat sertifikat keahlian teknik elektro, manfaat memiliki SKK teknik sipil adalah sebagai bentuk tanggung jawab kepada masyarakat. SKK adalah bukti sah bahwa seseorang itu merupakan tenaga ahli di bidangnya yang memang memiliki kompetensi.

SKK akan membuat semua masyarakat mengakui tenaga ahli di bidang konstruksi. Hal ini karena SKK dikeluarkan secara resmi oleh LPJK dan itulah mengapa SKK sangat penting. Selain itu memiliki SKK juga mengikuti peraturan dari pemerintah.

Penutup

Sesuai dengan cara mendapatkan SKK teknik sipil di atas Anda bisa mengurus sertifikatnya di jasa pembuatan SKK. Mengurus SKK di jasa terpercaya itu mudah dan cepat, jadi Anda bisa langsung mengunjungi laman http://sultanq.com/ untuk informasi selanjutnya.

SulthanQ.com Menjadi "One Stop Services" dalam layanan Pembinaan, Pelatihan, Sertifikasi, dan Layanan Jasa Lainnya bagi dunia usaha dalam rangka berperan aktif menyampaikan regulasi pemerintah.

Kirim Pesan
Halo, ada yang bisa dibantu?
ada yang bisa kami bantu?